Selamat datang di blog ku....!!
Semoga bermanfaat untuk semua...!!!
Amiiin. :)

Rabu, 01 April 2015

Pembelajaran Luar Sekolah



Pembelajaran Luar Sekolah
SMA Negeri 2 Magelang


Pada tanggal 26 Maret 2015, siswa-siswi SMA Negeri 2 Magelang mengadakan “Pembelajaran di Luar Sekolah”. Tujuan kami adalah PT Sri Redjeki Isman Tekstil, tbk di Kota Sukoharjo.dan Museum Sangiran. Jumlah bus yang digunakan ada 5 buah, semua murid kelas X diwajibkan mengikuti kegiatan tersebut, dengan didampingi 16 guru pendamping .

Kami berangkat dari sekolah pada pukul 07.10 WIB, terlambat 40 menit dari waktu yang dijadwalkan. Tujuan pertama kami adalah PT SRITEX. Selama perjalanan aku lumayan banyak mengobrol untuk melepas jenuh. Didalam bus yang aku  tumpangi  yaitu bus 2, banyk yang bernyanyi-nyayi agar tidak bosan. Kami sampai di PT.Sritex pukul 10.30 WIB. Pertama kami dipersilakan masuk di ruang semacam aula. Di ruang itu kami memperoleh pembekalan tentang perusahaan tersebut. di ruang itu juga terdapat banyak sample seragam yang di ekspor ke negara lain.

PT.Sritex awalnya adalah sebuah toko di Pasar Klewer, PT SRITEX didirikan oleh H. M. Lukminto. Kemudian memproduksi kain sendiri di Baturono. Setelah Bapak Lukminto mempunyai uang yang cukup, ia membeli tanah seluas 100 hektare. Divisi yang pertama dibuat adalah kain tenun. Kmudian perusahaan itu disahkan oleh Bapak Suharto, presiden kedua Negara Indonesia. Kemudian perusahaan itu diluaskan menjadi 130 hektare yang dibagi menjadi 50 gedung. Selanjutnya perusahaan itu disahkan oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Jumlah karyawan PT. Sritex adalah 20.000 orang. Setiap tanggal 17 setiap bulan diadakan upacara rutin. Hal ini pernah mendapat penghargaan muri. Selain itu, setiap tanggal 17 Agustus juga diadakan upacara besar yang diikuti oleh 25.000 peserta (karyawan dan grup).

          Setelah memperoleh pembekalan, kami menuju salah satu gedung yaitu gedung pembuatan baju. Setelah itu kami menuju Galery untuk melihat dan membeli baju bagi yang berminat. Sebenarnya aku ingin membeli sebuah rok panjang, tapi dompetku ketinggalan di bus dan aku malas mengambilnya. Alhasil aku hanya melihat-lihat saja. Kami keluar dari area PT. Sritex pukul 13.45. Selanjutnya kami menuju Rumah Makan Taman Sari untuk makan dan solat.

          Perjalanan selanjutnya adalah Musium Sangiran. Kami smpai di Sangiran pada pukul 16.15. Di Sangiran kami banyak mengambil gambar/foto untuk kenang-kenangan dan dokumentasi. Di sana kami melihat banyak fosil manusia-manusia purba dan hewan-hewan purba, serta proses penemuannya. Fosil-fosil tersebut sudah berumur ribuan tahun bahkan jutaan tahun. Sebenarnya kami belum puas berkeliling, namun waktunya sudah tidak memungkinkan. Setelah itu kami ganti pakaian di toilet sekitar musium.

          Saat kami keluar dari area waktunya sudah menjelang sore. Kemudian kami mampir ke javenir untuk berbelanja oleh-oleh. Kami tiba di sana pukul 18.00. Aku pun membeli oleh-oleh makanan untuk nenek, mainan untuk adikku, dan tempat HP untukku sendiri. Sebenarnya akupun ingin membeli baju, namun harganya tidak pas dikantongku. Setelah itu, kami ke Rumah Makan Taman Sari lagi untuk makan dan solat.

          Selanjutnya, tibalah kami kembali pulang ke Magelang, dengan rute melalui Yogyakarta. Aku sampai di rumah kurang lebih pada pukul 22.30 WIB. Aku sangat senang mengikuti pembelajaran ini, walaupun capek dan kehilangan kacamata minusku.

2 komentar:

  1. Ya, yaa, siplah. Sebenarnya saya ingin semua siswa setelah menerima ilmu dari siapa pun mau menerapkannya. Contoh dalam hal penggunaan ejaan. Dalam menuliskan PT Sritex misalnya, masih belum konsisten. Kadang menggunakan titik (.) kadang tidak. Yang benar tanpa titik. Penulisan kata baku dan tidak baku pun juga perlu diperhatikan, misalnya solat --> salat. Terima kasih, ke depan lebih baik lagi!

    BalasHapus
  2. Terimakasih. Akan diusahakan lebih baik.

    BalasHapus